Utilization of GeoGebra in Mathematics Learning

Authors

  • Hikmatul Fadhilah Sianipar Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Nuranisah Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Trinidad Silalahi Universitas Pembangunan Panca Budi

Keywords:

GeoGebra, Mathematics, Learning

Abstract

The current digital era opens opportunities for educators to utilize technology in their learning activities. One computer program that can be utilized in mathematics learning is GeoGebra. GeoGebra is a dynamic program, with its various facilities, can be used as a medium for learning mathematics to demonstrate or visualize mathematical concepts and as a tool to construct mathematical concepts. This article presents a description of the GeoGebra program along with examples of GeoGebra application as a medium for learning mathematics.

References

Abrianto, D., & Sitompul, H. (2014). Penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dan sikap inovatif terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan, 1(1), 50-62.

Ariawan, I. P. W. (2014). Pengembangan LKM multi representasi berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(1).

Atikasari, G., & Kurniasih, A. W. (2015). Keefektifan model pembelajaran kooperatif dengan strategi TTW berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII materi segitiga. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(1).

Batubara, S. (2019). Aplikasi media pembelajaran pengenal pendidikan agama islam tingkat anak usia dini berbasis desktop dengan metode cai (computer assisted instruction). In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (Vol. 1, pp. 724-727).

Dwijayani, N. M. (2020). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dengan menggunakan geogebra. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 110-116.

Kusumah, Y. S. (2003). Desain dan pengembangan bahan ajar matematika interaktif berbasiskan teknologi komputer. In Makalah terdapat pada Seminar Proceeding National Seminar on Science and Math Education. Seminar diselenggarakan oleh FMIPA UPI Bandung bekerja sama dengan JICA.

Nasution, A. U., Syahputra, E., & Ahyaningsih, F. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Matematika Realistik Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Al Azhar Medan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1623-1635.

Rahim, R. (2023). Pelatihan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Di Smk Pancabudi Medan. JURMAS BANGSA, 1(2), 95-100.

Sitorus, Z., Jabar, A. A., Indrayani, M., Barutu, S., & Situkkir, M. (2024). Analysis of User Satisfaction in the Development of ICT Learning Media Using AR-Based Assemblr Edu with the PIECES Framework Method. Journal of Information Technology, computer science and Electrical Engineering, 1(2), 110-120.

Suprihady, D. (2015). Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Geometri Bidang. Makalah IF2123 Aljabar Geometri–InformatikaITB.[Online]. Tersedia: http://informatika. Stei. itb. ac. id/~ rinaldi. munir/AljabarGeometri/20152016/Makalah-2015/Makalah-IF2123-2015-108. pdf [15 September 2016].

Wahyuni, S., Hariyanto, E., & Sebayang, S. (2022). Pelatihan Camtasia Pada Guru SD Panca Budi Untuk Mendukung Transformasi Digital Sekolah Masa Pandemi Covid-19. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 10(1), 59-67.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-10-21

How to Cite

Fadhilah Sianipar, H., Nuranisah, & Silalahi, T. (2024). Utilization of GeoGebra in Mathematics Learning. International Conferance Of Digital Sciences And Engineering Technology , 1(1), 128–133. Retrieved from https://proceeding.pancabudi.ac.id/index.php/ICDSET/article/view/171